Selasa, 25 Januari 2011

BEASISWA BIDIK MISI 2011

Wirausaha Online Modal Nol Rupiah

PERSYARATAN

  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2011 atau telah lulus pada tahun 2010 dan bukan penerima Bidik Misi;
  2. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  3. Memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi serta masuk dalam 30 persen terbaik di sekolah (semester empat dan lima bagi yang akan lulus 2011 atau semester lima dan enam bagi lulusan 2010) dicantumkan pada formulir rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah (Lampiran 3 bagian D);
  4. Pertimbangan khusus diberikan kepada pendaftar yang mempunyai prestasi ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat Kabupaten/Kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (contoh ketua organisasi siswa);
  5. Prestasi yang dimaksud pada butir 3 (tiga) dan 4 (empat) dinyatakan melalui surat pernyataan Kepala Sekolah/Madrasah atau kepala dinas pendidikan Kabupaten/Kota.

untuk para kepala SMA/MA/SMK/MAK dan Kepala Dikmas Berkaitan dengan persyaratan pendaftaran program Bidik Misi yaitu penggunaan identitas institusi berdasarkan DAPODIK ( Data Pokok Pendidikan ) diminta agar Bapak/Ibu bisa melakukan langkah sebagai berikut :
  • Memastikan SMA/MA/SMK/MAK yang dipimpin agar memiliki NPSN, jika belum memiliki agar mendaftar pada Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota setempat atau langsung membuka laman http://npsn.dapodik.org
  • Memastikan semua murid pada institusi yang dipimpin memiliki NISN ( Nomer Induk Sekolah Nasional ), jika belum agar mendaftarkan melalui http://nisn.dapodik.org
  • Mendaftarkan diri sebagai Operator pada DAPODIK http://npsn.dapodik.org
Untuk informasi lebih lanjut hal pendaftaran, bisa langsung membuka laman http://npsn.dapodik.org atau langsung menghubungi helpdesk DAPODIK pada http://npsn.dapodik.org/konten.php?data=kontak

Untk Berkas Formulir, Surat Rekomendasi, dll KLICK ini dan KLICK lagi ini
 Pendaftaran Bidik Misi  ( SNMPTN Jalur Undangan ) dibuka 1 Februari sampai 12 Februari 2011, untuk mempersiapkan pendaftaran ada baiknya sekolah calon mendaftar mempersiapkan informasi sebagai berikut

nama sekolah/madrasah
NPSN
Alamat
Telp/Hp Kepala Sekolah
Email
Status Kepemilikan Sekolah / Madrasah
Jenis Sekolah / Madrasah
Status Akreditasi beserta sertifikatnya
Prestasi sekolah 3 tahun terakhir beserta buktinya
Statistik Hasil UAN sekolah selama 7 tahun terakhir
Daftar Siswa yang direncanakan direkomendasikan
Calon tujuan pendaftaran siswa

Jadwal Penting
INI JADWAL PREDIKSI PENERIMAAN BEASISWA BIDIK MISI LEWAT JALUR SNMPTN JALUR UNDANGAN
Jadwal berikut merupakan jadwal-jadwal penting yang harus diketahui peserta SNMPTN 2011.

Tanggal Kegiatan
1 Februari – 12 Maret 2011 Pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan
21 Maret – 9 April 2011 Proses Seleksi Pilihan I di PTN Masing-masing
15 – 16 April 2011 Penetapan Hasil Seleksi Tahap I
18 April – 7 Mei 2011 Proses Seleksi Pilihan II di PTN Masing-masing
13 – 14 Mei 2011 Penetapan Hasil Seleksi Akhir SNMPTN Jalur Undangan
18 Mei 2011 Pengumuman Hasil SNMPTN Jalur Undangan
31 Mei dan/atau 1 Juni 2011 Pra Registrasi dan Registrasi SNMPTN Jalur Undangan
2 – 24 Mei 2011 Pendaftaran SNMPTN Jalur Ujian Tertulis/Keterampilan
31 Mei – 1 Juni 2011 Pelaksanaan Ujian Tertulis
3 – 4 Juni 2011 Pelaksanaan Ujian Keterampilan
26 – 28 Juni 2011 Penetapan Hasil SNMPTN Jalur Ujian Tertulis/Keterampilan
30 Juni 2011 Pengumuman Hasil SNMPTN Jalur Ujian Tertulis/Keterampilan
Juli 2011 Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri PTN

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI (SNMPTN) TAHUN 2011 JALUR UNDANGAN

Pendaftaran SNMPTN 2011 Jalur Undangan dapat dilakukan secara online melalui laman (website) : http://undangan.snmptn.ac.id.

LATAR BELAKANG
Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, umur, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi.
Perguruan tinggi sebagai lanjutan pendidikan setelah SLTA hendaknya dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan penilaian dan rekomendasi Kepala Sekolah. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa.
Sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik diyakini selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan berkarakter. Sekolah dengan demikian dapat diberikan penghargaan dan kepercayaan melakukan seleksi awal calon mahasiswa yang berprestasi dan diharapkan dapat menyelesaikan pendidikan tinggi dengan baik.

TUJUAN
Untuk dapat menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SLTA seluruh Indonesia perlu dilakukan seleksi secara nasional melalui suatu kepanitiaan SNMPTN Jalur Undangan yang bertujuan :
Mendapatkan mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SLTA
Memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi.
Memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah untuk menjadi bagian pelaksana seleksi awal di tingkat sekolah.

INTEGRASI PROGRAM BIDIK MISI
Pada tahun 2011, program Bidik Misi bagi siswa SMA/SMK/MA/MAK diintegrasikan ke dalam pola seleksi SNMPTN. Persyaratan umum program Bidik Misi untuk SNMPTN Jalur Undangan adalah sebagai berikut :
Siswa SMA/SMK/MA/MAK yang sedang duduk di kelas 12 dan akan mengikuti UN tahun 2011
Memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi serta masuk dalam 25 persen terbaik di kelas (semester satu, dua, tiga, empat dan lima
Selanjutnya Kepala Sekolah membuat rekomendasi bagi setiap siswa yang memenuhi kriteria/persyaratan sebagai pelamar program Bidik Misi 2011 dan akan melamar SNMPTN jalur undangan.

KETENTUAN UMUM DAN PERSYARATAN
Ketentuan Umum
Jalur undangan ialah mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis/keterampilan.
Jalur undangan tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat.
Kepala Sekolah mendaftarkan siswa terbaiknya untuk diseleksi menjadi calon mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri yang diminati.
Persyaratan Sekolah
Sekolah yang terdaftar pada sistem database SNMPTN Tahun 2010 dan siswanya pernah mengikuti ujian tulis SNMPTN Tahun 2010
Diprioritaskan memiliki akreditasi A atau B
Persyaratan Siswa Pelamar
Siswa SMA/SMK/MA/MAK yang sedang duduk di kelas 12 dan akan mengikuti UN pada tahun 2011.
Memiliki prestasi akademik serendah-rendahnya berperingkat 25% terbaik di kelasnya secara konsisten.
Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.




TATA CARA PENDAFTARAN UNDANGAN
Panitia pusat bersama-sama dengan panitia lokal menginformasikan kepada sekolah tentang pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana SNMPTN Jalur Undangan.
Kepala Sekolah harus membaca dan memahami seluruh ketentuan dan prosedur SNMPTN Jalur Undangan yang termuat dalam laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id, terutama yang berkaitan dengan persyaratan dan daya tampung program studi di masing-masing PTN.
Kepala Sekolah secara proaktif mendaftarkan profil sekolahnya melalui laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id untuk mengikuti SNMPTN Jalur Undangan untuk mendapatkan user name dan password serta jumlah siswa yang dapat diusulkan mengikuti SNMPTN Jalur Undangan.
Proaktif : panitia tidak akan mengirimkan undangan secara tertulis yang dikirimkan langsung ke alamat masing-masing sekolah.
Kepala Sekolah mengisi data prestasi akademik siswa dengan menggunakan user name dan password secara online melalui laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id.
Kepala Sekolah memberikan Nomor Pendaftaran dan Password yang didapatkan dari sistem kepada siswa pelamar yang direkomendasikan.
Siswa Pelamar yang telah didaftarkan oleh Kepala Sekolah membayar uang pendaftaran ke Bank Mandiri dengan menunjukkan Nomor Pendaftaran.
Catatan : Bagi siswa pelamar yang memenuhi persyaratan program Bidik Misi 2011 tidak perlu membayar biaya pendaftaran, sehingga siswa tersebut dapat langsung login untuk melakukan pendaftaran Jalur Undangan secara online.
Siswa Pelamar dengan menggunakan Nomor Pendaftaran dan Password mengisi biodata, pilihan PTN dan program studi, mengunggah (upload) foto resmi terbaru, dan mencetak Kartu Bukti Pendaftaran, melalui laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id.

JADWAL SELEKSI JALUR UNDANGAN
Pendaftaran : 1 Februari – 12 Maret 2011
Pengumuman Hasil : 18 Mei 2011
Registrasi : 31 Mei dan/atau 1 Juni 2011


PROGRAM STUDI DAN JUMLAH PILIHAN
Setiap siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN yang diminati.
Siswa pelamar dapat memilih program studi yang diminati pada masing-masing PTN yang dipilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga).
Urutan pilihan program studi merupakan prioritas pilihan.
Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN Jalur Undangan tahun 2011 dapat dilihat pada laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id.
Ketentuan lebih lanjut mengenai seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN yang dipilih siswa pelamar. Siswa pelamar wajib membaca ketentuan tersebut di laman (website) PTN yang diminati.

BIAYA PENDAFTARAN
Biaya pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2011 sebesar Rp. 175.000,- (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah).
LAIN-LAIN
Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2011 akan diinformasikan melalui laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id dan menjadi bagian tidak terpisahkan dari Prosedur Operasional Baku SNMPTN Tahun 2011.

Kontak Panitia Pelaksana SNMPTN 2011
Panitia Pelaksana SNMPTN 2011
Gedung Rektorat IPB lantai 2
Kampus IPB Darmaga, Bogor.
Telp. (0251) 8423068
Fax. (0251) 8622708
e-mail: panitia@snmptn.ac.id

0 comments:

Poskan Komentar

Kang,Teteh... Mangga komentar :