Sabtu, 27 November 2010

Tugas Makalah

1.1. Latar Belakang
Air merupakan zat atau materi atau unsur yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi, tetapi tidak di planet lain. Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Terdapat 1,4 triliun kubik (330 juta mil³) tersedia di bumi.
Air memberikan manfaat bagi kehidupan makhluk hidup. Begitu juga bagi tumbuhan, tanpa air tumbuhan tidak akan tumbuh. Air merupakan faktor eksternal atau faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Air termasuk senyawa utama yang sangat penyusun matdibutuhkan tumbuhan, selain sebagi pelarut, air juga berperan sebagai komponen utama pintesisenyusun materi organik, antara lain untuk fotosintesis, mengaktifkan aksi enzimanik, menjaga kelembaban dan membantu perkecambahan biji tanpa air reaksi kimia dalam sel tidak dapat berlangsung sehingga mengakibatkan mati.
Ada beberapa jenis air, diantaranya air tanah (preatis, artesis,dll), air permukaan ( air darat, air laut ), air tercemar, air limbah, dan lain-lain. Ada hal menarik yang menjadi fen



1.2. Rumusan Masalah

Dari uraian latar belakang diatas, dapat diketahui rumusan masalah sebagai berikut, “Bagaimana Pengaruh Jenis Air terhadap Pertambahan Tanaman Kacang Hijau?.”


1.3. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh jenis air terhadap peretumbuhan tanaman kacang hijau.

1.4. Variabel
Berdasarkan latar belakang diatas, dapat ditentukan variabel berikut:
Variabel Bebas : Jenis Airkacang
Variabel Terikat : Petumbuhan Tanaman Kacang Hijau

1.5. Hipotesis
Dari uraian latar belakang diatas, maka dapat kami tentukan hipotesis yaitu tanaman kacang hijau yang disiram dengan air jernih, lebih cepat pertumbuhannya daripada tanaman yang disiram dengan air beras atau air pel yang sudah terkontaminasi oleh zat kimia dalam pewangi lantai.
1.6. Metode Penelitian
Metode penelitian yang kami gunakan adalah metode eksperimental. Dta yang diperoleh dituliskan dalam bentuk tabel dan grafik. Adapun parameter yang diukur adalah panjang batang dan banyaknya daun.
1.7. Waktu dan Tempat
Penelitian yang kami lakukan ± 2 minggu, yang dimulai dari tanggal 09 November 2010 sampai tanggal 25 November 2010. Adapun tempat yang kami gunakan yaitu di rumah salah satu anggota kelompok kami, Yuni Afifah.


















BAB II
LANDASAN TEORI
2.1. Air
Air merupakan senyawa yang paling melimpah di muka bumi memiliki rumus kimia H2O. Sebuah molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen.
Air bersifat tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau pada kondisi standar yaitu 1 atm dan 0 °C. Air merupakan suatu pelarut yang penting, yang memiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat kimia lainnya, seperti garam-garam, gula, asam, beberapa jenis gas dan banyak macam molekul organik. Juga merupakan molekul yang spesifik, untuk molekul yang sejenis atau atom disekitar atom oksigen, seperti nitrogen, flor, dan Posfor, sulfur dan klor, jika berikatan dengan hidrogen membentuk senyawa dalam bentuk gas. Hidrogen berikatan dengan oksigen membentuk air dalam fasa cair, karena oksigen lebih bersifat elektronegatif daripada elemen-elemen lain tersebut (kecuali flor).
Macam-macam jenis air terdapat dimuka bumi ini, kandungan did





2.2. Kacang Hijau














BAB III
METEDOLOGI PENELITIAN

3.1. Bahan dan Alat Penelitian
3.1.1. bahan Penelitian
Bahan yang diperlukan selama penelitian yaitu:
1. Tanah
2. Biji tanaman kacang hijau
3. Beberapa jenis air, yaitu air jernih, air beras, dan air pel)
3.1.2. Alat-Alat Penelitian
Alat-alat yang diperlukan selama penelitian, yaitu:
1. Gelas air mineral ±9 buah
2. Sendok makan
3. Gayung
Alat-alat yang digunakan untuk menganalisis perkecambahan tanaman kacang hijau, yaitu:
1. Mistar
2. Bolpoint
3. Tabel
4. Kalkulator

3.2 . Metode Penelitian
3.2.1. Rancangan Penelitian
Metode yang digunakan digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental yang dilakukan di rumah salah satu anggota kelompok kami. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendapatkan gambaran mengenai pengaruh jenis air terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau. Data yang diperoleh dimasukkan ke dalam tabel kemudian digambarkan kedalam bentuk grafik.
3.2.2. Cara Kerja
Cara kerja yang kami lakukan yaitu:
1. 9 gelas mineral yang telah disediakan, dipisahkan menjadi 3 perlakuan, tiap perlakuan terdiri dari 3 gelas air mineral.
2. Masukkan media (tanah) kedalam gelas air mineral secukupnya.
3. Benamkan (masukkan) bibit tanaman kacang hijau kedalam gelas air mineral tersebut, masing-masing cukup satu biji saja.
4. 1). Perlakuan yang pertama diberi air jernih, diberi label A
2). Perlakuan yang kedua diberi air beras, diberi label B
3). Perlakuan yang ketiga diberi air pel, diberi label C









































BAB IV
HASIL PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN

4.1. Pengaruh Jenis Air terhadap Pertumbuhan Tanaman Kacang Hijau
4.1.1. Pengaruh Jenis Air terhadap Pertumbuhan Panjang Batang Tanaman Kacang Hijau
Dalam penelitian ini tanaman kacang hijau yang kami teliti mendapatkan tiga perlakuan. Perlakuan pertama tanaman kacang hijau diberi air jernih, yang kedua diberi air beras, dan yang ketiga diberi air pel.
Pada setiap perlakuan dilakukan pengukuran panjang batang tanaman kacang hijau. Penelitian yang kami lakukan selama ± 2 minggu, menghasilkan tinggi batang yang berbeda dalam setiap perlakuan. Adapun tinggi batang tanaman kacang hijau dapat dilihat pada tabel 4.1.1 (a) dan grafik 4.1.1 (b).
Hari
Ke- Air Jernih Air Beras Air Pel
0 5 5 5
2 7,3 7,3 7,8
4 9,2 8,9 8,7
6 10,3 10 9,8
8 12,7 12 11,3
10 13 13,7 12,7
Tabel 4.1.1 (a)




Dari tabel 4.1.1 (a) dan grafik 4.1.1 (b) terlihat bahwa terdapat variasi panjang batang dalam setiap perlakuan. Pada hari ke-0 semua tanaman kacang hijau panjang batangnya sama, yaitu 5 cm.. namun terlihat jelas, dari perlakuan diatas, tanaman kacang hiaju yang yang disiram dengan air beras pertumbuhan panjang batangnya lebih cepat dibandingkan dengan tanaman kacang hijau yang disiramdengan air jernih dan air pel.
4.1.2. Pengaruh Jenis Air terhadap Jumlah Daun Tanaman Kacang Hijau
Dari penelitian inipun, kami dapat mengetahui pengaruh jenis air terhadap jumlah daun tanaman kacang hijau. Hasil dari penelitian kami, dapat dilihat dalam tabel 4.1.2 (a) dan grafik 4.1.2 (b).








































BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1. kesimpilan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kang,Teteh... Mangga komentar :