Senin, 08 November 2010

Tugas Karya Tulis Bahasa Indonesia (Bab Pendahuluan)

BAB I
PENDAHULUAN 
I.1. Latar Belakang
Setiap manusia memiliki potensi akal. Potensi akal tersebut akan berpengaruh terhadap kehidupan dirinya. Pengaruh yang akan muncul tergantung pada bagimana individu tersebut memperdayakan kemampuan akalnya. Akal inilah yang membuat seorang manusia khas, berbeda dengan binatang. Seseorang dapat menentukan orientasi hidupnya, membuat dan memikirkan sesuatu, menentukan pilihan, mengambil keputusan, mampu menemukan solusi dari berbagai masalah, dan lain
Kemampuan otak dan akal membuat seseorang mampu mengaktualisasikan dirinya dalam kehidupan ini. Akal inilah yang melahirkan pemikiran seseorang. Pemikiran seseorang merupakan implementasi dari apa yang dimasukan ( input ) ke dalam akal, kemudian diproses dan ditanggapi dengan adanya tindakan.Pemikiran seseorang mempengaruhi tindakannya. Bisa dikatakan bahwa tindakan seseorang merupakan realisasi dari pemikiran dalam dirinya yang terwujud dalam gerakan atau tindakan.
      Pada kehidupan sehari-hari, kita dapat melihat bahwa perilaku, tindakan dan sikap seseorang berbeda-beda. Hal ini karena pemikiran seseorang dengan orang lain akan berbeda-beda. Dalam dunia entrepreneur ( kewirausahaan ), memompa potensi akal sangat diperlukan karena akan berpengaruh terhadap keputusan bisnisnya.
      Kami sempat mengamati perjalanan bisnis beberapa entrepreneur. Diantara mereka ada berwirausaha tanpa modal uang, namun dirinya berhasil membangun bisnis dan terus berkembang sampai sekarang. Ada entrepreneur yang mengalami krisis dalam bisnisnya sampai dirinya berutang milyaran rupiah, tapi kondisi ini mampu dirubah hingga akhirnya entrepreneur ini keluar dari beban utang dan bisnisnya semakin melesat. Tapi ada pula entrepreneur  yang pesimis ketika dihadapkan pada masalah dan kondisi yang sama. Sebenarnya apa yang mempengaruhi tindakan mereka ? Tom Mc Alfi mengatakan dalam trainingnya, “ big thinking, big money….ubah pola pikir anda, maka bisnis anda akan berubah..”
      Perlu kiranya kita mengetahui seberapa pentingkah pola pikir dalam berbisnis, sehingga kita mampu mengambil dan mengaplikasikan nilai-nilai positif  dari pola pikir tersebut dan menjadikan hidup lebih hidup serta bisnis bertambah untung. Inilah yang melatarbelakangi kami mengambil tema “Pengaruh Pola Pikir terhadap Kesuksesan Entrepreneur” dalam karya tulis ilmiah ini.
 
I.2. Rumusan dan Batasan Masalah
      Dari latar belakang diatas, kami dapat merumuskan masalah sebagai berikut
1.      Apa pola pikir itu ?
2.      Bagaimana pola pikir terbentuk ?
3.      Bagiamana pengaruh pola pikir terhadap kesuksesan entrepreneur ? 
      Batasan masalah dari penyusunan karya tulis ilmiah ini sebagai berikut
1.      Pengertian dan definisi pola pikir
2.      Terbentuknya pola pikir
3.      Pengaruh pola pikir terhadap kesuksesan entrepreneur 
I.3. Tujuan Penelitian
      Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut
1.      Mengetahui pengertian dan definisi pola pikir
2.      Mengetahui terbentuknya pola pikir
3.      Mengetahui pengaruh pola pikir terhadap kesuksesan entrepreneur dan aplikasi kesehariannya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kang,Teteh... Mangga komentar :